Tanimbar, CNN Indonesia.id –
Jaringan internet milik Telkomsel di Kota Saumlaki Kab. Kepulauan Tanimbar Maluku timbul tenggelam alias ” lelet”, membuat banyak kalangan mengeluh dan merasa dirugikan. 10/8/25
mayoritas warga kota Saumlaki menggunakan jaringan Telkomsel, namun akibat kejadian ini tentu menjadi kendala dan sangat merugikan. Jaringan lelet beberapa jam belakangan ini sangat merugikan pelaku usaha bisnis di Saumlaki, selain itu juga konsumen yang ada di kota Saumlaki sangat kecewa atas pelayanan jasa seperti ini.
Tak hanya itu, sejumlah wartawan media online juga kesulitan dalam pengiriman berita.
“Saat pengiriman pemberitaan ke redaksi sangat sulit beberapa jam belakangan ini, akibat jaringan yang lelet tidak menentu, tidak stabil dan tiba tiba menghilang,” kata salah seorang wartawan media online di Saumlaki.
Menurut amanat Undang-Undang Nomor 8 pasal 4 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen (UU Perlindungan Konsumen), hak-hak tersebut antara lain adalah:
– Hak Memilih dan Mendapatkan Jasa Sesuai Janji:
Konsumen berhak memilih jasa yang tersedia dan mendapatkan jasa tersebut sesuai dengan nilai tukar, kondisi, serta jaminan yang telah dijanjikan oleh penyedia jasa.
– Hak atas Ganti Rugi:
Jika jasa yang diterima tidak sesuai dengan perjanjian atau tidak sebagaimana mestinya, konsumen berhak mendapatkan kompensasi, ganti rugi, atau penggantian.
Customer service GraPARI Telkomsel cabang Saumlaki Bima Boritnaban setelah dikonfirmasi menerangkan, “Setelah mendapat informasi dari pimpinan, bahwa terkendalanya jaringan internet lambat karena ada gangguan kabel bawah laut, klo tidak salah jalur Sorong Merauke. Dampaknya juga sampai dibeberapa kota di Maluku dan Papua, salah satunya kota saumlaki” Terang Bima
Selain itu, Bima juga menambahkan bahwa “Untuk sementara jaringan yang down yaitu jaringan wifi dan jaringan seluler pada umumnya. Dan estimasi perbaikannya paling cepat sampai tanggal 13 September 2025”. Tambahnya
Lambatnya jaringan Telkomsel ini sangat merugikan konsumen pemakai. Terkait hal ini Bima juga menegaskan “Untuk sementara masih menunggu kabar dari atasan terkait kompensasi dan lainnya”. Tegasnya
Kondisi ini membuat masyarakat yang menggunakan layanan Telkomsel mengeluh terutama para pelaku usaha. Mereka berharap agar Telkomsel bertanggungjawab dengan kompensasi serta secepatnya memperbaiki jaringan internet yang sering hilang dan lelet beberapa hari kedepan. (Bayu).